-->

contoh variabel dan konstanta dalam php

variabel php

Ada dua jenis nilai yang digunakan dalam php, yaitu variable dan konstanta.

Variable 

Variable adalah nilai yang bisa berubah dengan cara diisi ulang, proses ini disebut dengan assignment yaitu pemberian nilai pada sebuah variable, dan jika kita membutuhkan nilai tersebut kita tinggal memanggil variabelnya saja.

Mungkin bahasanya sedikit membingungkan, agar lebih mudah memahaminya kita analogikan variable adalah sebuah gelas, dimana gelas bisa kita isi dengan air, kopi ataupun teh, isinya bisa berubah dengan cara diisi ulang, kurang lebih seperti itulah pemberian nilai pada variable.

Nama variable dalam php ditandai dengan tanda ($). Berikut adalah contoh penulisan kode untuk meberikan nilai pada sebuah variable : $nama_variabel= nilai;

Agar variable bisa menyimpan nilai perlu dilakukan penulisan yang benar, dibawah ini adalah cara penulisan variable yang benar :
  1. Nama variable hanya boleh menggunakan alpha numeric 0-9, a-z dan A-Z
  2. Nama variable diawali dengan underscore ( _ ) atau huruf, berarti diawali oleh angka tidak boleh ya. 
  3. Jika nama variable lebih dari satu kata tidak boleh dipisahkan dengan spasi, tapi menggunakan underscore, contohnya : $nilai_siswa.

Untuk lebih jelasnya lihatlah contoh dibawah ini :


<?php
$nama_saya = "Alva Media!"; // proses assignment pada variabel
$Berdiri = 2017;  // proses assignment pada variabel
echo $nama_saya;
echo "<br />" . $berdiri;
?>

Keterangan :
  • $nama_saya adalah nama variable
  • "Alva Media!" adalah nilai dari sebuah variable
  • Echo adalah perintah untuk menampilkan file php
  • // proses assignment pada variable adalah contoh penulisan komentar dalah satu baris, teks ini tidak akan tampil pada browser
  • Setiap akhir baris script harus diakhiri semicolon / titik koma (;).
  • $Berdiri, Karena php termasuk bahasa yang case sensitive maka penulisan huruf kecil dan capital dianggap berbeda. Pada contoh diatas variable $Berdiri,  huruf B menggunakan huruf capital, jika teman – teman memanggil variabelnya menggunakan $berdiri, maka variable tersebut tidak akan terbaca karena huruf b yang kedua menggunakan huruf kecil.
Contoh lain
<?php
$a =5;
$b =10;
$c =$a+$b;
echo "$c";
?> 

Tipe data 

Dalam sebuah variable ada beberapa tipe data yang harus teman – teman ketahui, tipe data inilah yang menjadi nilai pada sebuah variable. Dibawah ini adalah contoh beberapa tipe data yang sering digunakan.


  1. String yaitu tipe data yang berisi beberapa karakter, angka, huruf  dan symbol. Seperti contoh pertama “alva media!”, atau nama sebuah jalan “ jl. Argopuro no 11” dll.
  2. Float yaitu tipe data pecahan atau decimal, tipe float ini hampir sama dengan tipe integer, perbedaannya  tipe data integer tidak menerima koma (,) sedangkan float dapat memuat tipe data yang memiliki koma. Tapi perlu teman – teman diperhatikan penulisan koma pada computer menggunakan titik (.), computer tidak akan membaca penulisan koma yang menggunakan (,). Contohnya 3.14, 7.6 dst.
  3. Integer adalah tipe data yang memuat bilangan bulat seperti 1, 2, 3, dan seterusnya.
  4. Boolean adalah tipe data yang berisi nilai true / false saja.

Konstanta 

Apa sih konstana itu …? 

Konstanta adalah sebuah nilai yang mutlak, tidak bisa dirubah atau diisi ualng seperti variable. Contohnya adalah tanggal lahir, jari – jari suatu lingkaran yang sudah paten nilainya.

Contoh
<?php
define ("Pi", 3.141592);
echo Pi;
?>

Demikian tutorial php dasar tentang variable dan konstanta ini, semoga bermanfaat.

0 Response to "contoh variabel dan konstanta dalam php "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel