-->

Contoh Penulisan Script PHP Yang Benar


Contoh Script PHP

Sama halnya dengan penulisan File HTML yang mempunyai aturan dalam penulisannya, file PHP juga demikian ada aturan yang harus diikuti oleh seorang coders agar script tersebut dapat berfungsi. Script PHP harus di awali dengan tag <?php dan ditutup dengan  tag ?>  metode ini disebut sebagai Metode Standar (XML Style ) PHP yang umum digunakan oleh programmer dunia karena mendukung pada versi PHP yang terbaru, sedangkan metode lain seperti Metode tag singkat <? ... ?> ) dan Metode ASP ( <% .... %>) dan metode lainnya sudah jarang digunakan karena tidak support PHP versi 5.5 keatas.
Dibawah ini adalah contoh penulisan script PHP metode standar yang sering digunakan :

<?php
echo " Hello !!!!";
echo "</br>";
echo " Saya adalah PHP";
?>

Dari contoh  sederhana diatas dapat dilihat bahwa sciprt php harus berada diantara tag <?php ... ?>  disana ada  sebuah script “echo yang berfungsi untuk menampilkan kalimat / perintah lainnya yang berada diantara tanda dua petik (..),  setiap script php harus di akhiri dengan titik koma (;), titik koma tersebut adalah batas akhir script php yang di eksekusi dan akan berpindah ke script lainnya untuk dieksekusi, teman – teman bisa melihat contoh penggunaannya pada contoh sederhana diatas.

Menjalankan File PHP

Tulislah contoh file php diatas pada Aplikasi Notepad  bawaan windows, atau pada text editor lain seperti Notepad++, Brackets atau Sublime Text, dan simpan dengan nama latihan.php  pada folder htdocs yang berada didalam folder xampp, biasanya pada direktori c:\xammp\htdocs\latihan.php lalu jalankan pada browser untuk melihat hasilnya.

Tampilan contoh php sederhana pada browser

Teman – teman bisa  membaca artikel saya sebelumnya Cara Menjalankan File PHP dan HTML pada Loclhost  untuk mengetahui lebih jelas cara meletakkan dan menjalankannya, sekian tutorial sederhana kali ini semoga bermanfaat.

0 Response to "Contoh Penulisan Script PHP Yang Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel