-->

Pengertian Php dan Mysql

Assalamualaikum teman - teman, selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankannya semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT, Amiin.
Kali ini kita akan berkenalan dengan bahasa pemrograman yang bernama PHP tapi bukan "Pemberi Harapan Palsu" lohh....!
Php "Hypertext Preprosesor"

Apa itu PHP dan apa sih kelebihannya

Sebelum lebih jauh belajar membangun sebuah aplikasi atau website menggunkan php saya sarankan teman - teman mempelajari terlebih dahulu bagaimana membangun sebuah website menggunakan HTML, agar nantinya lebih mudah dalam memahami tag - tag html yang digunakan bersamaan dengan script php.
Silahkan dibaca dulu Pengertian dan Struktur Dasar HTML

Pengertian PHP

PHP adalah bahasa pemrograman website yang bisa ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML.
PHP ditemukan oleh seorang Software Developer  bernama Rasmus Lerdrof yang ide awal penemuan ini Rasmus Lerdrof ingin mengetahui jumlah pengunjung dan pembaca pada resume onlinenya yang sampai saat ini masih popoler digunakan.
Bahasa pemrograman ini berevolusi dari tahun ketahun hingga versi terahir saat ini (2018) yaitu versi ke 7.2.6 yang tentunya lebih kompleks dari versi sebelumnya

Lantas apa yang membedakan membangun website menggunakan HTML dan PHP...?

Sebenarnya PHP bukanlah satu - satunya bahasa pemrograman yang harus digunakan untuk membangun sebuah website, teman - teman bisa menggunakan HTML saja untuk membuat sebuah website dengan menghubungkan bebrapa halaman HTML. Tapi jika temen- temen ingin membuat website dinamis yang bisa menyimpan data kedalam database, Mencetak laporan berbentuk file excel atau pdf disinilah peran PHP dibutuhkan.
Perbedaan PHP dan HTML terletak pada prosesnya, untuk melihat contoh kongkritnya coba teman - teaman pakai CMS Wordpress atau joomla yang dibangun menggunakan php ketika kita ingin menambah sebuah data atau artikel baru  kita cukup login ke menu admin dan tinggal klik  Add data atau New Artikel, user tidak perlu berhubungan langsung dengan script di dalamnya, berbeda dengan HTML yang bersifat statis ketika user ingin menambah data atau atikel si user harus membuka file HTMLnya dulu baru menambahkan isi / konten ke dalamnya.

kelebihan php

1.Free alias Gratis
2.Cross platform artinya bisa dijalankan pada semua sistem operasi
3.mendukung banyak basis data, seperti dBase, Front Base mSQl, MySQL, ODBC,  PostgreSQL SQLite dan lain - lain.
4.Bisa membuat dokumen text, Word, Excel, Pdf, image flash dan file zip.

Dari sekian banyaknya kelebihan php dibandingkan bahasa pemrograman lainnya tidaklah heran jika jutaan domain didunia banyak yang menggunakan php.

Lalu bagaimana cara menjalankan PHP pada Komputer kita...?

Kita membutuhkan Webserver sebagai php engine untuk meletakkan file - file php dan database, Webserver bertugas menampilkan halaman yang diminta oleh user melalui http://, banyak sekali Webserver yang menyediakan satu paket instalasi PHP, MySQL dan Apache sebagai webserver, diantaranya yang paling populer adalah Xampp, easyphp, wampp dan masih banyak lagi lainnya, untuk saya pribadi saya lebih suka memakai XAMPP sekali instal semua beres tanpa perlu konfigurasi lagi, untuk cara instal dan download aplikasinya saya sudah bahas pada artikel sebelumnya silahkan dibaca disini Cara Instal Xampp dan Menjalankannya.

Oh iya..tadi saya sempat menyinggung MySQl, MysQl adalah basis data untuk menyimpan informasi yang dibagi berdasarkan kategori - kategori tertentu yang saling berkaitan.
Mungkin bagi teman - teman pemula ada yang bingung kok ada PHP, MySQL, HTML, XAMPP dan ada juga CSS, JavaSript yang belum saya singgung disini sebagai ilmu dasar pemrograman sebuah website yang harus dikuasai.
Sebagai gambaran umum HTML, CSS, dan JavaScript digunakan untuk membuat tampilan sebuah Website, sedang PHP sebagai Pemroses (mesinnya ), MySql sebagai tempat penyimpanan data dan XAMPP sebagai penyedia utuk menampilkan apa yang diminta oleh user melalui PHP dan MySQL.

Sekian dulu artikel tentang php kali ini, semoga menjadi referensi untuk teman - teman  yang mau mengenal apa itu php, mysql dan apache. Terimaksih sudah berkunjung ke blog saya, kalau ada pertanyaan silahkan bertanya dikolom komentar atau menghubungi saya langsung pada laman Kontak.

 

0 Response to "Pengertian Php dan Mysql"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel