-->

Cara efektif mengurangi mual muntah ketika hamil

Ilustrasi Morning Sickness

Pada trimester pertama, Mual muntah merupakan hal yang biasa, dan biasanya terjadi ketika pagi hari bahkan ada yang sepanjang hari, hal ini yang disebut morning Sickness. 

Mual muntah bisa sangat mengganggu, selain menimbulkan rasa tidak nyaman juga bisa membuat bumil tidak nafsu makan. Mual muntah selama kehamilan dapat menyebabkan dehidrasi dan elektrolit, seperti Natrium atau Kalium, serta ketidakseimbangan zat. Jika Bumil mengalami kendala tersebut Pergilah ke Dokter kandungan kesayangan bunda untuk mendapatkan pertolongan sesuai dengan kondisi yang bunda alami.

Berikut beberapa tips untuk mengatasi mual muntah selama kehamilan :

Pilih makanan sehat dan bergizi

Pilih makanan sehat yang tinggi akan protein, lemaknya rendah dan mudah dicerna. Hindari memilih makanan pedas, berminyak, dan berlemak. Usahakan makan dengan porsi sedikit tapi sering hal ini dapat mencegah rasa kekenyangan yang dapat mengakibatkan rasa tidak nyaman di perut. 

Makan cemilan

Selain makanan sehat bumil juga bisa makan cemilan yang disukai, seperti roti, biskuit, buah dll. Hal ini untuk mencegah perut kosong, karena jika perut kosong akan memperparah mual muntah. 

Perbanyak minum

Selama kehamilan bumil harus tetap perbanyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi. Bumil juga bisa mengkonsumsi Air jahe untuk mengurangi rasa mual. 

Hindari pemicu mual

Sebisa mungkin bumil harus menghindari makanan atau aroma yang berbau tajam untuk mengurangi rasa mual, seperti bawang putih atau parfum.

Lakukan aktivitas

Bunda tetap bisa melakukan aktivitas sehari hari, seperti jalan - jalan dipagi hari atau memasak untuk suami tercinta, mendengaran musik juga dapat membantu bunda lebih tenang dan teralihkan dari rasa mual yang mengganggu. Selain itu yoga untuk ibu hamil juga bisa menjadi pilihan, agar bunda merasa rileks dan nyaman sehingga mual muntah berkurang.

0 Response to "Cara efektif mengurangi mual muntah ketika hamil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel