-->

Manfaat USG di awal kehamilan

USG USG  merupakan salah satu jenis pemeriksaan yang sangat dianjurkan bagi ibu hamil. Pemeriksaan USG biasanya dilakukan karena keingintahuan Bumil dan pasangan untuk mengetahui jenis kelamin dan perkembangan pada bayi yang dikandungnya. Namun, pada dasarnya pemeriksaan USG dilakukan untuk memperkirakan usia kehamilan serta memantau kondisi dan tumbuh kembang janin. Akan tetapi, sebagian ibu hamil ada yang enggan untuk pemeriksaan USG seperti khawatir efek samping pada janin.

Sampai sekarang belum ada bukti valid yang menunjukkan kalau USG membahayakan janin. Bayi yang dilahirkan dari seorang ibu yang melakukan USG tidak terbukti memiliki perbedaan dengan bayi lainnya yang dilahirkan dari seorang ibu yang tidak pernah melakukan USG.

Lalu, kapan USG bisa dilakukan? 

Pemeriksaan USG dapat dilakukan sejak mengetahui kalau bunda hamil atau sejak trimester pertama saat usia kehamilan 6-8 minggu. Akan tetapi gambar yang dihasilkan tidak terlalu jelas. 

Untuk dapat melihat Gambar janin yang jelas, Bunda dapat melakukan USG saat usia kehamilan memasuki trimester kedua Sekitar 13 minggu dari usia Kehamilan.

Pemeriksaan kedua dapat dilakukan pada trimester kedua yaitu ketika usia kehamilan memasuki minggu ke 20,  Sementara pemeriksaan ketiga dapat dilakukan ketika mendekati persalinan yaitu sekitar minggu ke 30 atau trimester tiga. 

Namun USG juga dapat dilakukan setiap bulan jika memang diperlukan agar lebih bisa memantau perkembangan janin Bunda.

Apa saja manfaat USG? 

1. Dapat Mengetahui Hamil tunggal atau kembar
2. Mengetahui posisi janin berada pada posisi yang tepat, yaitu dalam kantung kehamilan didalam rahim. 
3. Posisi janin sungsang atau melintang
4. Mengetahui permasalahan pada janin seperti, ukuran janin, tumbuh kembang janin terhambat atau tidak, ada kelainan atau tidak. 
5. Usia kehamilan
6. Posisi Plasenta
7. Jenis kelamin
8. Perkiraan kelahiran
9. Jumlah air ketuban

Kini Bunda sudah mengetahui bahwa pemeriksaan USG sangat bermanfaat selama kehamilan. Dan USG tidak terbukti membahayakan janin. Oleh karena itu Bunda tidak perlu khawatir lagi untuk melakukan pemeriksaan USG saat hamil, karena USG sangatlah penting untuk mengetahui tumbuh kembang Janin di dalam rahim.

0 Response to "Manfaat USG di awal kehamilan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel