-->

Syarat Mpasi Dini dan Usia Berapa Mulai Mpasi Dini

 Aman gak yaa MPASI dini ? 

mpasi bayi 6 bulan

MPASI atau makanan pendamping asi biasanya diberikan ketika bayi berusia 6 bulan, akan tetapi masih ada beberapa ibu yang memberikan MPASI dini atau usia anak kurang dari 6 bulan dengan alasan tertentu. 

Apakah boleh MPASI dini.? 

Sebenarnya MPASI dini tidak berbahaya dengan beberapa alasan dan dengan anjuran dari dokter yaa Bun. Pada beberapa kondisi, ketika dokter menganjurkan untuk MPASI dini disaat anak dinilai perlu asupan gizi tambahan selain ASI untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan energi si kecil. Selain itu anak sudah menunjukkan tanda-tanda siap makan,  seperti tertarik melihat orang lain makan, selalu mencoba meraih makanan, reflek membuka mulut ketika diberi makanan, sudah mampu menegakkan kepala,  dan sudah mampu duduk dengan bantuan. 

Pemberian MPASI dini biasanya direkomendasikan untuk mengejar berat badan bayi yang kurang. Biasanya terjadi ketika berat badan bayi tidak naik atau bahkan turun sehingga ASI saja tidak cukup. Selain itu juga membantu bayi tidur lebih nyenyak karena sebelum tidur perut sudah terisi makanan sehingga tidak perlu bangun untuk menyusui Setiap beberapa jam sekali. 

Apa resiko yg ditimbulkan jika MPASI dini.? 

Pada beberapa kasus bayi yang MPASI dini bisa mengalami gangguan lambung, usus hingga kehilangan nyawa. Hal itu  disebabkan karena makanan yang terlalu padat dan lambung bayi belum siap untuk menerima makanan. 

Berikut resiko MPASI dini :

1. Tersedak

Ada kemungkinan bayi akan mengalami tersedak ketika makan, disebabkan makanan yang masuk ke saluran pernafasan, dikarenakan   Si bayi masih dalam tahap belajar memasukkan makanan dan menelan. 

2. Luka pada usus

Lendir dalam usus bayi yang kurang dari 6 bulan masih belum berfungsi secara maksimal, sehingga akan meningkatkan resiko terjadinya luka pada usus akibat dari makanan yg masuk. 

3. Meningkatkan resiko obesitas

Pemberian MPASI dini yang tidak diperhatikan nutrisinya akan meningkatkan resiko obesitas. Seperti tambahan pemanis buatan, pemberian makanan yang mengandung kalori tinggi. Hal ini dapat mengakibatkan berat badan bayi naik drastis dan tidak ideal. 

4. Diare

Belum siapnya tubuh bayi untuk menerima dan mengolah makanan padat dan jika dipaksakan akan menyebabkan bayi diare hingga konstipasi

Lalu, bagaimana pemberian MPASI dini yang tepat.? 

Jika si kecil sudah dianjurkan dokter untuk MPASI dini bunda tidak perlu ragu pendapat dari orang lain. Dan bunda yakin sudah mengikuti saran dan arahan dari dokter. 

Berikut cara pemberian MPASI dini yang benar : 

  • Berikan jenis makanan yang lembut sehingga mudah dicerna seperti alpukat, pisang Dan pastikan bunda menghaluskan dengan benar. 
  • Hindari penggunaan gula dan garam pada MPASI. 
  • Berikan menu tunggal saat MPASI, tunggu hingga 3 hari untuk mengganti menu berikutnya. Hal ini bertujuan untuk mengetahui adakah alergi makanan tertentu atau tidak. 
  • Berikan makanan ketika si kecil dalam posisi duduk dan kepalanya sudah tegak. 
  • Pastikan kebersihan makanan serta pengolahan nya. 

Ketika si kecil sudah mulai MPASI, berarti si kecil mulai mengenal aktifitas baru yaitu makan. Ajarkan dengan benar dalam setiap prosesnya sehingga si kecil terbiasa dan menjadi tahapan yg menyenangkan.

0 Response to "Syarat Mpasi Dini dan Usia Berapa Mulai Mpasi Dini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel