-->

Peran suami saat istri Hamil dan Apa saja yang harus dilakukan

Kehamilan merupakan hal yang sangat dinantikan bagi pasangan suami istri dan keluarga. Karena sebentar lagi akan ada malaikat kecil yang lucu yang akan mewarnai keseharian ayah dan bunda. 

Tidak sekedar momen bahagia di awal ketika mengetahui bunda positif hamil. Tapi proses selanjutnya akan banyak momen yang akan bunda rasakan seperti merasakan tendangan si kecil pertama kali, mendengarkan detak jantung si kecil ketika bunda periksa kehamilan, dsb. 

Tahukah bunda berbagai momen yang bunda rasakan di masa kehamilan, bunda juga sangat butuh dukungan dari orang-orang terdekat terutama seorang suami.

ibu hamil

Kenapa dukungan suami sangat penting ketika bunda hamil.? Karena peran suami ketika istri hamil akan mempengaruhi kesehatan mental sang ibu dan juga akan berpengaruh terhadap janin atau si kecil didalam kandungan. 

Kehamilan tidak hanya mengalami perubahan fisik seperti berat badan bertambah, perut yang semakin besar, beberapa bagian tubuh membengkak, dsb. Perubahan hormon kerap kali membuat ibu mengalami ketidakstabilan emosi, sehingga mood ibu gampang sekali berubah-ubah dan juga lebih mudah sensitif terhadap hal hal kecil. 

Disinilah peran suami sangat dibutuhkan untuk mendukung psikologis ibu dan juga kesehatan fisik ibu selama kehamilan hingga melahirkan. 

Berikut tips untuk mendukung istri tercinta ketika hamil:

Memberi perhatian kepada istri

Perhatian kecil yang dilakukan seperti peluk, cium, mendengarkan keluhannya, akan membantu menenangkan istri dan merasa bahwa diperhatikan dan dicintai. 

Menjalin ikatan emosional dengan calon buah hati sejak masih dalam kandungan

Sejak dalam kandungan janin sudah mampu mengenali suara. Sehingga para ayah diharapkan lebih sering memegang dan mengelus-elus perut istri saat hamil. Selain menjalin ikatan dengan janin juga membuat istri merasa lebih senang karena merasa lebih diperhatikan. 

Turut memperhatikan perkembangan janin

Ada istilah suami yang baik adalah suami siaga, yang siap mengantarkan istri memeriksa kehamilan dan juga menjaga istri. 

Kehadiran suami ketika pemeriksaan kehamilan merupakan dukungan kepada istri, selain itu juga mengetahui perkembangan janin. Sehingga suami juga turut serta membantu menjaga kesehatan ibu dan janin. 

Membantu menjaga kesehatan ibu

Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi merupakan hal penting utama bagi ibu hamil. Suami juga bisa turut andil dalam mengingatkan dan juga menjaga pola makan istri saat hamil. 

Babymoon / Memanjakan Istri

Memanjakan istri seperti mengajak berlibur dalam rangka babymoon, memenuhi apa yang diinginkan istri seperti ngidam berbagai macam makanan atau minuman atau hal yang lain merupakan salah satu bentuk dukungan suami ketika istri hamil. Hal itu dilakukan agar supaya istri merasa senang dan terhindar dari stress. Karena ibu hamil yang stress akan berdampak pada janin yang dikandungnya. 

Membantu melakukan pekerjaan rumah tangga

Semakin besar perut ibu semakin susah dalam melakukan aktifitas sehari-hari, dan semakin cepat lelah. Hal ini suami diharapkan dapat membantu mengerjakan beberapa pekerjaan rumah tangga. Agar istri mendapat cukup waktu untuk istirahat. 

Menolong istri mengatasi keluhan

Perubahan hormon dan juga fisik ketika hamil akan membuat ibu merasa tidak nyaman seperti mual muntah, kaki bengkak, sakit punggung. Karena itu bantuan suami sangat dibutuhkan bagi ibu hamil untuk mengatasi ketidaknyamanan tersebut. Hal yang dapat dilakukan seperti membantu mengurangi rasa mual dengan memberikan makanan atau minuman hangat, memijat punggung yang sakit secara perlahan. 

Cara diatas bisa dilakukan para suami ketika istri hamil sebagai bentuk dukungan penuh kepada istri agar istri merasa senang dan terhindar dari stress

0 Response to "Peran suami saat istri Hamil dan Apa saja yang harus dilakukan "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel